TEKNIK OTOSUGESTI DAN SELF-HYPNOSIS REVOLUTION

Teknik Otosugesti dan Self-Hypnosis Revolution - Tahukah anda bahwa apapun  yang kita temui dalam keseharian kita adalah sebuah sugesti? Dari mulai sebelum bangun pagi, jam weker anda  berbunyi.  Ini  adalah  bentuk  sugesti.  Bunyi  jam  weker  tersebut mensugesti pikiran anda untuk bangun. Sebelum berangkat kerja atau kuliah  anda  harus  sarapan  terlebih  dahulu,  bentuk  lain  dari  sugesti. Anda berangkat dengan mengendarai mobil adalah sugesti. Anda harus mengendara di jalur sebelah kiri, berhenti ketika lampu merah adalah bentuk sugesti.

Ketika sampai di kantor, segalanya adalah sugesti yang nyata. Bos anda memerintah hanyalah sebuah sugesti yang dibumbu sedikit penekanan. Dan segala macam sugesti ini, akhirnya berujung pada pikiran anda. Bagaimana  anda  ingin  menanggapi  sugesti-sugesti  tersebut.  Inilah sebabnya mengapa orang bijak mengatakan “bukan masalah apa yang terjadi  pada  anda,  tapi  bagaimana  sikap  anda  terhadap  apa  yang terjadi tersebut.

Jadi bagaimana melakukan otosugesti, agar bisa memposisikan pikiran kita sebagai pribadi impian kita?

Sangat sederhana! Kuncinya adalah asosiasikan segala sesuatu -sekecil apapun itu- yang anda lakukan sebagai sesuatu yang positif yang akan membantu  anda  untuk  mewujudkan  impian  anda.  Tekhnik  ini  akan mensugesti  sekaligus  menghipnotis  diri  anda  untuk  benar-benar menjadi (be) pribadi impian anda tersebut.

Inilah cara melakukannya:
  1. Kenali apa yang ingin anda ubah dalam diri anda. Dalam hal ini anda akan menjadi pribadi impian anda. Misalnya saja Alinda ingin menjadi pribadi penulis.
  2. Nyatakan hal itu dalam sebuah kalimat yang singkat dan jelas. Misalnya,  “(apa  yang  aku  lakukan  ini)  untuk  membentuk pribadiku  sebagai  penulis  sukses.”  Anda  bisa  memodifikasi kalimatnya sesuai selera dan keinginan anda.
  3. Katakan kalimat-kalimat sugesti anda di atas ketika melakukan apapun  dalam  keseharian  anda.  Tak  peduli  sekecil  apapun kelihatannya  yang  anda  lakukan  itu.  Misalnya  ketika  anda mandi, nyatakan dalam hati “Aku  mandi  untuk  membersihkan diriku dan pribadiku dari hal negatif, sehingga dengan mudah aku membentuk pribadiku sebagai pribadi penulis.
  4. Ketika air mengalir pada sekujur tubuh anda, rasakan itu. Dan bayangkan segala emosi dan hal negatif ikut mengalir bersama air-air  tersebut.  Lihat  ini  dalam  pikiran  anda  dan rasakan perasaan gembira dalam hati anda akibat kejadian ini.
  5. Lakukan ini dalam hal atau kegiatan apapun yang sedang anda kerjakan.  Atau  jika  terasa  berat,  tentukan  5  jenis kegiatan tertentu untuk melakukan hal ini. Dan lakukan sugesti diri ini setiap kali anda mengerjakan kelima pekerjaan tersebut. Jangan mengubah-ubah kelima pekerjaan tersebut. Misalnya pekerjaan yang anda tentukan adalah mandi, makan, tidur, berjalan, dan mendengarkan  musik.  Cukup  kelima  pekerjaan  tersebut.  Ini penting  sebab  yang  pikiran  anda  butuhkan  adalah pengulangan



Rhidwan, Edward. The Power of Pretending.