SAMPAI KAPAN HARUS BEGINI?

Sampai Kapan Harus Begini? - Mungkin ini yang menjadi pertanyaan anda dari tadi. Sampai kapan harus berpura-pura? Jawabannya sederhana sekali Sampai anda tak perlu berpura-pura lagi. Ketika self-image anda terbentuk dengan sempurna. Ketika pribadi anda telah menjadi (be) pribadi  impian  anda.  Artinya  perubahan  anda  telah  langgeng  dan  benar-benar menyerap dalam diri anda.

Menurut  Anthony  Robbins  dalam  bukunya  Aweken  the  Giant  Within,  sebuah perubahan bisa bertahan langgeng dalam diri anda apabila anda:
  1. Senantiasa menaikkan standar-standar hidup anda.
  2. Menghilangkan keyakinan dan pandangan-pandangan yang membatasi.
  3. Melakukannya dengan cara berbeda.

Dalam  hal  pretending,  inipun  berlaku.  Agar  usaha  pretending  (pura-pura)  anda berhasil bertahan dalam diri anda, anda harus senantiasa menaikkan standar-standar hidup anda. Agar bisa menaikkan standar hidup, anda harus menghilangkan segala keyakinan dan pandangan-pandangan yang membatasi anda untuk maju. Seperti aku tidak bisa, itu tidak akan berhasil, ada hal buruk yang menghalanginya, dan segala anggapan-anggapan negatif lainnya.

Kemudian,  agar  anda  bisa  berhasil  mencapai  standar yang  lebih  tinggi  dari sebelumnya lakukanlah dengan cara-cara dan pendekatan-pendekatan yang baru.
Jika anda ingin mendapatkan sesuatu  yang belum pernah anda dapatkan sebelumnya,  anda harus melakukan sesuatu  yang belum pernah anda lakukan sebelumnya. -Thomas Jefferson-
Kesalahan  terbesar  dalam  anggapan  mengenai  usaha  untuk  meraih  sukses  adalah bahwa  upaya  kemajuan  itu  adalah  investasi.  Atau  sesuatu  yang  dilakukan  dengan penuh kerja keras diawal dan akan dinikmati dengan berleha-leha ketika telah berhasil mencapainya. Upaya kemajuan dan perubahan itu bukan investasi. Tapi itu adalah upaya perbaikan yang terus menerus dan berkesinambungan.

Jika anda tak berani menetapkan standar-standar yang lebih tinggi dalam hidup anda, anda tidak akan mengalami kemajuan. Orang bijak mengatakan tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri.

Agar  apa  yang  telah  anda  lakukan  dalam  pretending  anda  berhasil  tertanam  dan melekat dalam diri anda, tetapkanlah target yang jelas yang ingin anda capai. Berikan skala-skala prioritas mana yang perlu anda perbaiki lebih dahulu.

Mungkin dalam hal pretending ini, terlebih dahulu anda akan berfokus pada Mind (pikiran)  anda.  Setelah  berhasil  lakukan  pada  unsur-unsur  yang  lain.  Setelah semuanya berhasil tingkatkanlah standar target anda. Dan lakukan hingga impian-impian anda mendatangi anda.

Namun perubahan dan kemajuan berkesinambungan tidak berarti bahwa anda harus menyesakkan  pikiran  anda  dengan  rentetan  target-target  masa  depan  yang  begitu menyiksa. Anda cukup menjadi diri anda yang positif saat ini. Fokus anda hanyalah melakukan sesuatu dengan cara terbaik, asyik, menyenangkan, simple, mudah dan benar.

Setelah sesuatu berhasil anda lakukan dengan cara terbaik, maka tingkatkanlah diri anda dengan target yang lebih tinggi lagi pada sesuatu yang lainnya. Jangan ragu atau takut  menetapkan  standar-standar  yang  tinggi  selama  anda  melakukannya  dengan setahap demi setahap sesuai kemampuan anda yang sebenarnya.

Hilangkan  semua  keyakinan  yang  membatasi  anda.  Percayalah  anda  bisa melakukannya. Jikapun ternyata tidak,  yakinlah akan selalu ada orang-orang  yang mendukung dan membantu anda. Dan yang paling penting selalu ada Tuhan yang ingin membantu anda.

Maka agar berhasil dalam pretending:
  1. Lakukan sekarang. Memang selalu ada waktu yang tepat untuk mengubah dan melakukan  sesuatu.  Tapi  kalau  bisa  membuat waktu  itu  menjadi  sekarang, mengapa tidak. Lakukan sekarang!
  2. Ingat  bahwa  anda  bertanggung  jawab  pada  diri  anda. Sepenuhnya  berada ditangan anda. Takdir anda ada di tangan anda.
  3. Yakinlah bahwa sesuatu dalam diri anda harus berubah. Bukan karena ia bisa berubah. Bukan karena ia seharusnya berubah. Tapi ia harus berubah.
  4. Yakinlah  bahwa  sumber  perubahan  itu  adalah  diri  anda.  Anda  harus membuatnya  berubah.  Bukan  dengan  menunggu  orang  lain  mengubahnya untuk anda. Bukan dengan menunggu keadaan menjadi lebih baik dulu.
  5. Dan percayalah anda bisa mengubahnya. Anda pasti bisa!
Kita harus menjadi perubahan yang kita inginkan. -Mahatma Gandhi-



Rhidwan, Edward. The Power of Pretending.