MENGEKSEKUSI MIMPI

JADI PRETENDING POWER ITU ADALAH...

Mengeksekusi Mimpi - Ok, anda dari tadi mungkin telah gregetan untuk memulai melakukan pretending agar lebih  cepat  meraih  mimpi  anda.  Tenang!  Kita  akan  memulainya  sekarang  juga. Namun sebelumnya, mari kita kuatkan kembali pemahaman kita tentang pretending power ini agar lebih jelas dan lebih menarik.

Mendayakan Pretending Power dalam meraih impian berarti:
  1. Menjadi  diri  sendiri  yang  paling  tepat  dan  positif.  Ketika  anda  mulai berpura-pura  memposisikan  diri  sebagai  pribadi  impian  anda,  berarti  anda sepenuhnya mengubah diri anda yang sekarang menjadi diri anda yang paling baik dan positif.
  2. Menentukan sikap. Menjadi (be) pribadi impian anda, berarti menempatkan diri anda ditempat yang semestinya. Ini berarti mengambil tempat dan sudut pandang terbaik tentang segala hal. Akhirnya cara pandang dan sikap anda bereaksi pada apa yang terjadi, menjadi benar dan tepat.
  3. Memantaskan  diri.  Sukses  selalu  masalah  apakah  seseorang  itu  pantasmendapatkannya  atau  tidak.  Bukan  masalah  apakah  ia bisa  atau  tidak. Memposisikan diri sebagai pribadi impian anda berarti membangun karakter yang diperlukan untuk meraih sukses itu. Dan ini berarti memantaskan diri.
  4. Hidup secara bebas dan merdeka. Menjadi (be) pribadi impian anda, berarti anda hidup untuk diri anda sendiri. Fokus pikiran anda adalah impian anda. Sehingga anda tak hidup untuk sebuah citra. Anda hidup untuk diri sendiri. Ini berarti pengendalian diri dan keadaan yang sempurna. Sehingga bisa dikatakan “I’m the master of my fate, i’m the captain of my soul.” Persis seperti lirik lagu W.C. Hanley.
  5. Menjadi diri sendiri, bukan mejadi orang lain. Sebab impian anda adalah milik anda sendiri, anda tak bisa menjadi orang lain ketika memposisikan diri sebagai impian anda.
  6. Doa untuk anda yang lebih banyak. Semakin baik self-image dan reputasi anda, berarti semakin baik dan jelas posisi anda dalam pikiran lebih banyak orang. Anda mendapatkan kualitas dan kuantitas doa dalam hal ini.
  7. Cara Asyik Meraih Mimpi. Dan semua point-point ini akhirnya berujung pada satu hal. Yakni cara asyik, mudah, cepat, pantas, terbaik meraih mimpi.

Inilah 7 hal yang menjadi point penting dari Pretending Power. Sudah jelas, Sekarang saatnya melakukan. Dan kita akan mulai dengan...


5M; UNSUR-UNSUR PRETENDING YANG SEMPURNA

Mulai  melakukan  pretending  harus  diawali  dengan  unsur-unsur  yang  membangun pretending yang sukses itu sendiri. Dalam hal ini ada lima hal yang saya sebut sebagai “5M” yang untuk membangun pretending yang sempurna.

MIND: PIKIRAN

“M” yang pertama adalah mind atau pikiran. Jelas bahwa segalanya berada dan bersumber dari pikiran anda. Maka untuk membangun pretending yang kokoh, kita harus mulai dari pikiran.

Memulai dari pikiran sederhananya adalah berpikir dengan pola pikir impian tersebut. Menjadi (be) yang diajarkan di metode sukses sebelumnya berarti mengubah pola pikir atau mindset sebagaimana mindset pribadi impian anda. Selama cara berpikir anda masih belum didominasi dengan pola pikir pribadi impian anda, anda belum menjadi (be). Dan dengan demikian anda tentu tidak akan bisa melakukan (do) yang semestinya, sehingga mustahil bagi anda untuk memiliki (have).

Nah, bagaimana melakukan ini? Bagaimana membuat pola pikir kita sama seperti pola pikir pribadi impian kita?
  1. Berusahalah untuk memahami impian anda dengan sebaik mungkin.
  2. Dalam menghadapi sesuatu (apapun itu), tanyakan pada diri anda apa reaksi saya tentang hal ini jika saya telah meraih impian saya? Apakah reaksi saya saat ini sama dengan reaksi saya seandainya saya telah meraih impian saya?
  3. Otosugesti.  Ini  adalah  cara  untuk  memberikan  imput yang  positif kepada  alam  bawah  sadar  yang  dilakukan  dengan  pengulangan-pengulangan imput. Dalam hal ini saya akan mengkombinasikan antara tekhnik otosugesti dengan self-hypnosis revolution yang diajarkan oleh seorang ahli Hypnoterapy yakni Forbes Robbins Blair. Tujuannya tak lain agar tekhnik otosugeti ini menjadi sangat menarik, mudah, simple, tak membutuhkan tenaga dan waktu extra.

Nah,  dalam  melakukan  otosugesti  dan  self-hypnosis  revolution  ini,  ada beberapa point penting (kata kunci) yang ditekankan:
  • Tujuan  yang  jelas  dan  satu.  Artinya  pribadi  apa  yang  ingin  anda bentuk.
  • Kalimat sugesti yang singkat dan jelas. 
  • Perumpamaan  (metafora)  yang  anda  asosiasikan  ketika  melakukan pekerjaan tersebut. Dalam hal mandi di atas, metaforanya adalah “Aku membersihkan diri dan pribadiku.” Ketika makan asosiasinya mungkin adalah “Aku memberi energi bagi jiwaku dan pribadiku.
  • Emosi yang turut serta saat anda melakukannya. Ketika anda mandi, membayangkan  ketika  segala  emosi  dan  hal  negatif  ikut  mengalir bersama air dan terbuang dari tubuh anda adalah bagian yang teramat penting. Mengapa? Sebab alam bawah sadar lebih cenderung merespon sesuatu yang disertai dengan emosi. 
  • Pengulangan  yang  jelas.  Inilah  sebabnya  mengapa  anda  perlu menentukan  5  kegiatan  untuk  melakukan  sugesti  diri.  Pengulangan adalah  hal  yang  penting.  Kalimat  sugesti  anda,  perasaan  anda,  dan kegiatan anda harus sama setiap anda melakukan otosugesti ini.
Membangun “mindset menjadi” ini memang tak bisa seketika. Segalanya tentu butuh proses, namun yang pasti, dengan cara berpura-pura seperti ini, proses itu akan terasa sangat asyik, mudah, dan menyenangkan.

Sekarang, mari kita lanjutkan pada ‘M’ yang kedua, yakni...

MANNER: PERBUATAN

Manner  adalah  sikap  dan  perbuatan.  Unsur  pretending  yang  kedua,  untuk memposisikan diri anda sebagai pribadi impian anda adalah sikap dan reaksi anda menghadapi segala sesuatu.

Tindakan  anda  juga  mengambil  peran  penting  dalam  law  of  attraction. Tindakan yang jelas dan baik akan semakin menguatkan fokus pikiran anda pada apa yang anda inginkan. Selama tindakan anda tersebut sesuai dengan pribadi impian anda.

Nah, berpura-puralah seolah-olah impian anda telah terwujud dan tunjukkan hal itu dengan menyesuaikan tindakan, sikap dan prilaku anda dengan pribadi impian anda.

Dalam bereaksi terhadap segala sesuatu, tanyakan pada diri anda, “Apakah ini cara pribadi impian saya menghadapi hal ini?” Atau dengan kata lain yang lebih  sederhana,  “Kalau  saya  sudah  sukses  meraih  impian  saya,  dan  saya menghadapi masalah seperti ini, bagaimana reaksi saya?

Selanjutnya bereaksi dan bertindaklah sesuai dengan tindakan pribadi impian anda tersebut.

Semakin baik anda berpura-pura memposisikan diri sebagai pribadi impian anda  dalam  tindakan  tindakan,  sikap,  reaksi,  dan  perbuatan  maka  semakin cepat impian anda menjadi kenyataan. Percayalah!

MOUTH: UCAPAN

Pernah  mendengar,  “ucapan  adalah  doa?”  Ya,  benar  sekali.  Ucapan  anda adalah doa bagi anda. Maka mulai sekarang, ucapkanlah sesuatu yang baik yang mendukung anda untuk mewujudkan impian anda.

Mengapa  ucapan  adalah  doa?  Karena  ucapan  dan  pikiran  anda  saling mendukung satu sama lain. Ucapan anda adalah input atau sugesti yang paling kuat untuk pikiran anda. Karena yang paling dekat dengan telinga anda adalah mulut anda sendiri, bukan mulut orang lain.

Percayalah ini berlaku bagi semua orang. Termasuk anda dan saya.

Jadi, bagaimana melakukan pretending dalam hal ucapan? Sama seperti unsur-unsur sebelumnya. Apa yang anda ucapkan harus menunjukkan citra sebagai pribadi impian anda.

Jadi, sebelum mengatakan sesuatu, tanyakan dalam diri anda apakah ini yang akan dikatakan oleh pribadi impian saya dalam menghadapi hal-hal seperti sekarang ini?

Setidaknya, dengan mengoptimalkan pretending pada ucapan anda anda akan:
  • Mensugesti diri anda sesuai dengan impian anda .
  • Mendukung pembentukan self-image yang sempurna. 
  • Anda sepenuhnya mengontrol diri anda,
  • Sehingga reputasi dan posisi diri anda sesuai dengan harapan anda.
  • Berarti anda telah mengontrol persepsi orang lain terhadap anda.

MOOD: PERASAAN

Perasaan punya peran yang sangat penting dalam hal meraih impian. Menurut Mario Teguh perasaan menentukan penggunaan pikiran (mind) dan tindakan (manner).

Perasaan memang menjadi salah satu unsur yang sangat penting dalam hal pretending, positionong, dan self-image. Sebab yang menentukan keberhasilan unsur-unsur lainnya adalah perasaan anda.

Jika  anda  tak  melibatkan  perasaan  dalam  pretending anda,  anda  tak  akan mendapatkan hasil apa-apa. Ingat bahwa anda sedang berpura-pura, sehingga yang menentukan kualitas kepura-puraan anda adalah dalamnya keterlibatan perasaan anda.

Anda tidak perlu menjadi siapa-siapa. Jadilah diri anda yang positif. Rasakan dalam hati betap indahnya menjadi positif. Dalam hukum daya tarik atau law of attraction perasaan anda adalah alat untuk mengetahui frekuensi pikiran anda,  sehingga  dengan  mudahnya  anda  mengetahui  apa yang  sedang  anda pikirkan dan kemudian mengubahnya.

Tanyakan bagaimana perasaan anda. Jika anda merasa tidak baik, berarti frekuensi pikiran  anda  sedang  berada  pada  hal  yang  tidak  menguntungkan.  Ganti secepatnya  saluran  pikiran  anda  dengan  hal-hal  yang  menyenangkan. Misalnya lagu favorit, kenangan masa lalu yang manis, melakukan hobi anda, dan segala hal yang menyenangkan lainnya.

Yang perlu kita tekankan dalam hal ini, bahwa perasaan anda adalah satu-satunya hal dalam diri anda yang murni. Maka ia tak bisa dipura-purakan. Sehingga penting untuk anda menjadi diri sendiri.

Nah, bagaimana melakukannya?

Sederhana sekali. Selain untuk mengetahui frekuensi pikiran tadi, yang perlu anda lakukan untuk mendukung keberhasilan unsur pretending anda adalah merasakan dengan sungguh-sungguh hal-hal yang positif yang anda lakukan terkait dengan pretending anda.

Ketika anda sedang menghadapi suatu masalah. Pikiran, ucapan, dan tidakan anda sedang berpura-pura menjadi pribadi impian anda untuk menghadapinya. Nah,  yang  perlu  anda  lakukan  sehubungan  dengan  perasaan  anda  adalah menjaga perasaan anda pada hal-hal positif dari masalah anda tersebut.

Perasaan anda ketika itu, sangat penting perannya dalam keberhasilan anda menangani masalah ini. Dan akan berpengaruh besar pada self-image (citra diri) anda.

Rasakan hal-hal positif, jaga perasaan anda tetap bahagia.

MODEL: PENAMPILAN

Anda hampir selesai. Kini tinggal satu lagi unsur pretending yang harus anda lakukan. Dan ini hal yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan anda. Unsur terakhir adalah penampilan.

Tak bisa dipungkiri, pretending anda tak akan sempurna jika penampilan anda belum  mendukungnya.  Penampilan  memiliki  pengaruh  besar  dalam keberhasilan pretending anda.

Bentuklah pretending anda dengan sempurna. Dandani diri anda sebagaimana penampilan pribadi impian anda. Berpakaianlah seolah-olah anda telas benar-benar meraih impian anda.

Anda mungkin mengatakan bahwa kita tidak bisa menilai sebuah buku dari sampulnya.  Namun  ketahuilah  bahwa  salah  satu  hal  yang  paling  banyak mempengaruhi  sebuah  buku  menjadi  best  seller  adalah  sampulnya  yang menarik.  Banyak buku yang kualitas isinya begitu baik namun sampulnya tidak begitu menarik, menjadikan buku ini tidak maksimal. Sebaliknya sebuah buku yang contentnya sama saja dengan yang lainnya, namun didesain dengan baik dari segi packaging, akan memberi pengaruh yang besar pada buku tersebut.

Perusahaan-perusahaan  besar  saat  ini  kini  sedang  berkonsentrasi  pada packaging  produknya  masing-masing.  Maka  berikan  packaging  diri  anda dengan  sangat  baik.  Ingat  bahwa  anda  ingin  membentuk  citra  yang mendukung impian anda. Tampilkan itu dengan sangat jelas dari penampilan anda.

Ingat  ini,  penampilan  anda  membentuk  kepercayaan  diri  anda.  Jika kepercayaan diri anda membaik, anda akan melakukan segala sesuatu dengan cara terbaik sesuatu itu dilakukan. Ini dengan sendirinya akan membangun self-image dan reputasi yang sempurna.

Rapikan penampilan anda. Pastikan penampilan anda mencerminkan pribadi impian anda. Kenakan baju terbaik yang mampu anda beli, potong rambut anda  serapi  mungkin,  dan  rasakan  kepercayaan  diri  anda  melejit  bagaikan roket.



Rhidwan, Edward. The Power of Pretending.