MELEJITKAN DIRI MENUJU PUNCAK MANUSIA

PRETENDING - POSITIONING MEMPENGARUHI REPUTASI DIRI

Melejitkan Diri Menuju Puncak Manusia - Saya  kira  sudah  sangat  jelas  dibagian  sebelumnya.  Namun  saya  hanya  ingin mengulangi lagi bahwa Jika anda berpura-pura dan memposisikan diri sebagai pribadi impian anda, maka anda akan melakukan hal-hal yang sebagaimana mestinya.

Hal  ini  berarti  anda  mengambil  kontrol  penuh  terhadap  reputasi  diri  anda.  Anda selangkah  lebih  maju  daripada  orang-orang  yang  hanya  menyibukkan  diri  bekerja keras untuk mewujudkan impian mereka.

Semakin baik dan tepat reputasi diri  anda, semakin cepat dan mudah  anda untuk mewujudkan impian anda.

Dan tentunya hal ini membuat anda...

MELEJITKAN DIRI DENGAN SELF-IMAGE

Apa bedanya reputasi dan self-image (citra diri)?

Reputasi sepenuhnya bukan milik anda sebab reputasi adalah perwakilan diri anda di dalam pikiran orang lain. Dan anda tidak punya kontrol terhadap hal ini. Self-Image adalah  milik  anda  sepenuhnya.  Self-Image  adalah  bagaimana  anda  menilai  dan menganggap diri anda sendiri.

Kalau saya tanya, “bagaimana sih diri dan kepribadian anda?”

Dan jawaban anda itulah self-image anda. Cara anda menilai diri anda sendiri adalah self-image  anda.  Dan  ini  luar  biasa  pentingnya  bagi  anda  dan  impian  anda.  Jadi berpura-pura  sebenarnya  tujuan  utamanya  adalah  membangun  self-image  yang sempurna. Inilah hal yang belum dimiliki Alindah pada bagian sebelumnya. Yakni self-image  sebagai  seorang  novelis  sukses.  Self-Image  Alindah  selama  ini  adalah seorang gadis mahasiswa yang ingin menjadi penulis novel sukses.

Setelah memposisikan diri sebagai pribadi impian anda. Anda secara perlahan-lahan dan berkesinambungan membangun self-image anda sendiri. Ini tahap yang sangat penting dalam hal meraih impian anda, sebab berkaitan erat dengan semua hal-hal krusial dalm diri anda seperti keyakinan, kepribadian, karakter, kemampuan dan juga reputasi.

Membangun  self-image  sebagai  pribadi  impian  anda,  berarti  anda  bergerak  maju selangkah lagi dari posisi anda saat ini. Setelah self-image anda terbentuk sempurna, anda  tidak  lagi  berpura-pura,  tapi  itulah  diri  anda  yang  sebenarnya.  Dan  tak  ada keraguan  lagi.  Tak  ada  hal  yang  bisa  menghalangi  anda  lagi  untuk  mewujudkan impian anda. Satu hal yang mungkin menjadi sisa saat ini adalah, masalah waktu yang sepenuhnya adalah milik Tuhan. Ini bukan urusan anda lagi, ini urusan Tuhan.

Pada tahap ini, anda telah melakukan apa yang dikatakan oleh Martin Luther King, Jr. yakni  “Tugas  saya  hanyalah  melakukan  yang  benar,  sisanya  berada  di  tangan Tuhan.

Jadi, mana yang lebih penting antara Self-image dan reputasi? Menurut anda?

Ok,  mengapa  saya  katakan  bahwa  self-image  berkaitan  erat  dengan  keyakinan, kepribadian,  karakter  dan  hal-hal  krusial  lainnya? Mari  kita  bedah  bersama  di bagian The Power of Self-Image.



Rhidwan, Edward. The Power of Pretending.