6 LANGKAH INI DAPAT ANDA GUNAKAN UNTUK MERENCANAKAN GOAL ATAU TUJUAN HIDUP

PROSES MERENCANAKAN TUJUAN HIDUP

6 Langkah Ini Dapat Anda Gunakan Untuk Merencanakan Goal Atau Tujuan Hidup - Sekarang anda telah memahami prinsip-prinsip dibalik menentukan goal atau tujuan, sekarang saatnya menyimpulkan semua yang kita pelajari:

Kami  akan  memperlihatkan  anda  suatu  teknik  yang  sederhana tetapi  dahsyat  yang  anda  dapat  pergunakan  untuk  perencanaan tujuan atau goal dalam hidup anda.

LANGKAH 1 – IDENTIFIKASI APA YANG PENTING BAGI ANDA

Pikirkanlah berbagai aspek hidup anda. Kesehatan, keluarga, teman, karir, spiritualitas, ekonomi, pendidikan, dll.

Identifikasi aspek yang paling penting untuk anda. Mungkin anda lebih  fokus  pada  keluarga,  spiritualitas  dan  karir.  Buatlah  daftar dengan susunan menurut kepentingan. Aspek yang paling penting anda letakan pada bagian nomor satu, dst.

LANGKAH 2  –  TENTUKANLAH TUJUAN-TUJUAN JANGKA PANJANG UNTUK SETIAP BIDANG

Tentukan visi anda akan berada di mana dalam jangka waktu lima sampai  sepuluh  tahun  mulai  dari  sekarang  pada  masing-masing bidang.  Mungkin  visi  dalam  bidang  karir  anda  akan  membangun bisnis sendiri. Untuk visi keluarga mungkin anda akan berlibur ke luar  negeri.  Visi  mengenai  ekonomi  atau  finansial  anda  memiliki tabungan rekening di bank satu milliar.

Pikirkanlah apa yang anda inginkan. Ingatlah aturannya - suatu goal yang baik harus membuat anda sedikit takut dan membuat anda begitu bersemangat.

Dengan  memikirkan  di  mana  anda  berada  dalam  lima  sampai sepuluh  tahu  ke  depan,  anda  telah  menciptakan  visi jangkan panjang.

LANGKAH 3  –  TENTUKAN APA YANG ANDA PERLU LAKUKAN TAHUN INI UNTUK MENCAPAI MISI JANGKA PANJANG ANDA

Ingin punya rekening di bank anda satu milliar pada tahun 2014? Apa yang anda harus lakukan tahun ini untuk mencapai goal atau tujuan  ini?  Mungkin  anda  perlu  mengikuti  kursus  mengenai investasi, mendapatkan pekerjaan yang memberi gaji lebih besar, atau mulai mencari peluang-peluang bisnis yang menjanjikan.

Lakukan  hal  ini  untuk  setiap  tujuan  jangka  panjang.  Latihan  ini dapat membantu anda untuk fokus pada rencana jangka pendek dan jangka  panjang.  Kebanyakan  orang  cenderung  untuk  membuat rencana jangka pendek dan mengabaikan rencana jangka panjang. Yang  lain  lagi  hanya  membuat  rencana  jangka  panjang  dan melupakan  apa  yang  mereka  harus  dikerjakan  saat  ini  untuk mencapai rencana jangka panjang tersebut.

Supaya  pencapaian  goal  anda  efektif  anda  perlu  memperhatikan kedua hal ini. Rencana jangka pendek dan jangka panjang.

LANGKAH 4 – SUSUNLAH SEMUA INI SECARA TERTULIS

Untuk mencapai hal ini anda perlu membuat sebuah skema atau jadwal rencana jangka pendek dan jangka panjang. Buatlah kolom-kolom vertikal dan horizontal yang anda dapat isi dengan waktu-waktu pencapaian rencana-rencana anda. Anda harus menentukan target-target pencapaian. Dengan demikian rencana atau goal anda lebih terarah. Dan anda selalu diingatkan dengan rencana-rencana pencapaian. Dan hal ini akan membuat anda terus fokus dan berada pada jalur yang benar.

LANGKAH 5 – MULAILAH PROSES AFFIRMASI DAN VISUALISASI KREATIF

Usahakan  kolom-kolom  yang  anda  telah  buat  ditempelkan  pada tempat yang mudah dilihat setiap hari. Apakah itu di depan meja belajar, dekat pintu masuk, di depan komputer anda atau di dinding anda.  Ambil  waktu  beberapa  menit  untuk  melakukan  affirmasi  dan visualisasi kreatif.

LANGKAH 6 - MULAILAH MENGAMBIL TINDAKAN UNTUK MENCAPAI  GOAL ANDA

Sekarang anda sudah punya visi jangka panjang. Anda sudah tahu langkah-langkah  bagaimana  menyusun  rencana  dan  bagaimana mencapainya. Sekarang lakukanlah apa yang anda sudah pelajari. It is time to take action.

Ambilah langkah pertama. Sekecil apapun kangkah yang anda ambil sangat  menentukan  langkah-langkah  berikutnya  untuk mencapai tujuan anda. Jika rencana sudah berjalan maka anda sudah berada dalam proses menantikan impian anda terwujud.

Jadikanlah suatu keharusan bagi anda untuk segera memulai proses mewujudkan rencana anda. Dan lakukan affirmasi dan visualisasi kreatif  setiap  hari.  Cepat  atau  lambat  anda  pasti  akan  mencapai impian anda.



Shapiro, Iboy. 2011. Kunci Rahasia Bagaimana Mencapai Goal.